LAPORAN KEUANGAN


KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Tuhan yang maha Esa atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal ini.
Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun yang selalu kami harapkan.
Akhir kata kami ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaikan proposal ini, semoga Tuhan senantiasa meridhoi segala usaha kita dan berharap proposal ini dapat memberikan manfaat kepada kami semua.


Depok, September 2015

                                                                                                           
Penyusun

           



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN                                                                                                                
                 1.1        Latar Belakang
                 1.2        Visi Misi dan Motto
                 1.3        Data Perusahaan
                 1.4        Biodata Pemilik

BAB II ANALISIS DASAR DAN PEMASARAN
      2.1       Produksi yang dihasilkan dan manfaatnya
2.2       Analisa 4P
2.3       Segmentasi Pasar
2.4       Swot dan Tows

BAB III ANALISIS PRODUKSI
3.1       Jenis Produk
3.2       Cara Memperoleh Produk
3.3       Susunan Produk
3.4       Kapasitas Produk

BAB IV ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA
            4.1       Struktur Organisasi

BAB V ANALISIS KEUANGAN
            5.1       Modal Usaha
            5.2       Penentuan Biaya Produksi dan Biaya Operasional
            5.3       Penentuan Harga Pokok Produksi
            5.4       Laporan Laba Rugi
            5.5       Laporan Perubahan Modal
            5.6       Laporan Arus Kas
            5.7       Laporan Neraca





BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Masih banyak dijumpai orang-orang yang sering mengabaikan sarapan hanya karna malas, mengejar waktu, dan terbiasa tidaks arapan. Padahal, manfaat sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalani aktivitas keseharian kita, jangan pernah menyepelekannya karena kesibukan. Pentingnya sarapan pagi ini tidak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia. Aktivitas yang di mulai saat pagi hari ini merupakan permulaan hari anda sehingga sangat perlu ditopang oleh adanya energy yang didapat dari sarapan pagi.

      Berbekalsarapanpagi yang kita lakukan ini merupakan pasokan energy untuk memulai aktivitas. Aktivitas yang telah ditunjang oleh nutrisi sarapan pagi ini akan membuat kegiatan berjalan baik dengan penuh semangat.

Manfaat SarapanUntuk Kesehatan yaitu antara lain adalah sebagai berikut :
1.    Memberikan Asupan Energi Awal
2.    Mencegah Timbulnya Penyakit Lambung (Maag)
3.    MenurunkanResiko Diabetes
4.    Membantu Menyegarkan Otak
5.    Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Stres

Oleh karena itu, perusahaan GUNDAR bertekad untuk menjadi suatu perusahaan yang menyediakan sarapan pagi bagi kalangan warga kampus, denganpakethemat yang tersedia dan inovasi paket lainnya.

1.2 Visi Misi dan Moto
Visi :
Menjadi sebuah perusahaan yang menyediakan paket hemat untuk sarapan pagi bagi kalangan warga kampus.

Misi :
1.    Menjual paket hemat untuk sarapan bagi kalangan warga kampus.
2.    Menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.
3.    Menjamin kualitas produk.
4.    Membuat inovasi-inovasi terhadap makanan dan minuman yang dijual.
5.    Mengutamakan 3S (Senyum,Sapa,Salam) dalam melayani konsumen.

Motto:
SMS (SarapanMembuatmuSehat)









1.3 Data Perusahaan



1.4 Data Pemilik
 



BAB II
ANALISIS DASAR DAN PEMASARAN

2.1 Produk yang dihasilkan
Nasi Goreng dan Air Mineral

2.2 Analisa  4P
  1. Product           :  Paket Sarapan (Nasi Goreng + Air Minum)
  2. Price               : Rp 7000,-
  3. Place              : Daerah Sekitar Kampus
  4. Promotion       : Akun Sosial Media , Mouth to Mouth

2.3 Segmentasi Pasar
  1. Segmentasi geografi           : Di lingkungan kampus
  2. Segmentasi demografi        : Untuk semua yang berada di daerah kampus.
  3. Segmentasi psikografi         : Status Sosial : semua golongan; Gaya Hidup : Hemat , praktis ,higienis.
  4. Kepribadian                          :  Untuk semua kepribadian

2.4 SWOT DAN TOWS





Bab III
Analisis produk

3.1 Bahan dan Alat Pembuatan
A . Bahan Baku Nasi Goreng


B. Alat pembuatan
1.    Baskom
2.    Penggorengan
3.    Magic jar
4.    Cobek
5.    Spatula/Sodet
6.    Kompor
7.    Pisau

3.2 Proses Produksi
  1. Masukan  1 liter beras kedalam baskom lalu cuci hingga bersih
  2. Masukan beras ke magic jar  masak hingga matang
  3. Sambil menunggu siapkan bumbu ,  haluskan bawang merah dan cabai
  4. Lalu siapkan penggorengan dan panaskan minyak
  5. Masukan bawang merah dan cabai yang telah di haluskan  aduk hingga harum
  6. Masukan nasi sedikit demi sedikit hingga bumbunya merata
  7. Masukan 1 bungkus  bumbu racik jadi kedalam nasi yang masi di oseng lalu ratakan, masukan nasi  goreng kedalam kemasan  dan taburkan bawang merah di atasnya
  8. Tutup kemasan dengan menggunakan steples



BAB IV
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA

4.1 Struktur Organisasi


4.2 Struktur Organisasi
CEO
Bertindak sebagai pengambilkeputusan ,mengontrol , memantau semua aktivitas penjualan perusahaan, mulai dari produksi , pemasaran sampai keuangan dan mampu membaca laporan keuangan.

ManajerUmum
  1. Menetapkan kebijakan perusahaan dan menentukan rencana dan tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  2. Mengkoordinir dan mengawasi seluruh aktivitas yang dilaksanakan dalam perusahaan.
  3. Membantu peraturan internal pada perusahaan yang tidak bertentangan dengan kebijakan perusahaan.
 ManajerKeuangan
  1. Bertanggungjawab terhadap manajer umum.
  2. Menetapkan tujuan dan sasaran jalannya operasional perusahaan dan strategi penjualan kepada konsumen.
  3. Membuat analisa terhadap harga pasar dan menentukan strategi penjualan terhadap konsumen dan pelanggan.
 Manajerpemasaran
Bagiandariperusahaan yang berfungsiuntukmemasarkanprodukkepadakonsumen.

ManajerProduksi
  1. Bertanggungjawab terhadap masalah desain produk dan jasa yang akan di tawarkan agar menarik perhatian konsumen.
  2. Manajemen mutu bertanggungjawab terhadap kualitas barang.
  3. Desain proses dan kapasitas,bertanggungjawab terhadap proses pembuatan yang di butuhkan oleh produk ini seperti peralatan dan bahan baku.




BAB V
ANALISIS KEUANGAN

5.1 Modal Usaha
 


5.2 PenentuanHargaPokokProduksi
 


5.3 Penentuan Harga Pokok Produksi
 


5.4 Laporan Laba Rugi
 


5.5 Laporan Perubahan Modal
 


5.6 Laporan Arus Kas
 



5.7 Neraca
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana pendapat saudara tentang kebijakan yang perlu diterapkan dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara sektoral.

boneka horta