LAPORAN KEUANGAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas
kehadirat Tuhan yang maha Esa atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga kami
dapat menyelesaikan proposal ini.
Kami menyadari
bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan
saran dari semua pihak yang bersifat membangun yang selalu kami harapkan.
Akhir kata kami ucapkan
terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaikan proposal
ini, semoga Tuhan senantiasa meridhoi segala usaha kita dan berharap proposal
ini dapat memberikan manfaat kepada kami semua.
Depok, September 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
1.2
Visi
Misi dan Motto
1.3
Data
Perusahaan
1.4
Biodata
Pemilik
BAB II ANALISIS
DASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produksi
yang dihasilkan dan manfaatnya
2.2 Analisa 4P
2.3 Segmentasi Pasar
2.4 Swot dan Tows
BAB III ANALISIS
PRODUKSI
3.1 Jenis Produk
3.2 Cara Memperoleh Produk
3.3 Susunan Produk
3.4 Kapasitas Produk
BAB IV ANALISIS
SUMBER DAYA MANUSIA
4.1 Struktur
Organisasi
BAB V ANALISIS
KEUANGAN
5.1 Modal
Usaha
5.2 Penentuan
Biaya Produksi dan Biaya Operasional
5.3 Penentuan
Harga Pokok Produksi
5.4 Laporan
Laba Rugi
5.5 Laporan
Perubahan Modal
5.6 Laporan
Arus Kas
5.7 Laporan
Neraca
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masih banyak dijumpai
orang-orang yang sering mengabaikan sarapan hanya karna malas, mengejar waktu,
dan terbiasa
tidaks arapan. Padahal, manfaat sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalani
aktivitas keseharian kita, jangan pernah menyepelekannya karena kesibukan. Pentingnya
sarapan pagi ini tidak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia.
Aktivitas yang di mulai saat pagi hari ini merupakan permulaan hari anda sehingga
sangat perlu ditopang oleh adanya energy yang didapat dari sarapan pagi.
Berbekalsarapanpagi yang kita lakukan ini merupakan
pasokan energy untuk memulai aktivitas. Aktivitas yang telah ditunjang oleh nutrisi
sarapan pagi ini akan membuat kegiatan berjalan baik dengan penuh semangat.
Manfaat SarapanUntuk Kesehatan yaitu antara lain adalah sebagai berikut :
1.
Memberikan Asupan Energi Awal
2.
Mencegah Timbulnya Penyakit Lambung (Maag)
3.
MenurunkanResiko Diabetes
4.
Membantu Menyegarkan Otak
5.
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Stres
Oleh karena itu,
perusahaan GUNDAR bertekad untuk menjadi suatu perusahaan yang menyediakan sarapan
pagi bagi kalangan warga kampus, denganpakethemat yang tersedia dan inovasi paket
lainnya.
1.2
Visi Misi dan Moto
Visi :
Menjadi sebuah perusahaan
yang menyediakan paket hemat untuk sarapan pagi bagi kalangan warga kampus.
Misi :
1.
Menjual
paket hemat untuk sarapan bagi kalangan warga kampus.
2.
Menggunakan
bahan-bahan yang berkualitas.
3.
Menjamin
kualitas produk.
4.
Membuat
inovasi-inovasi terhadap makanan dan minuman yang dijual.
5. Mengutamakan 3S
(Senyum,Sapa,Salam) dalam melayani konsumen.
Motto:
SMS
(SarapanMembuatmuSehat)
1.3 Data Perusahaan
1.4 Data Pemilik
BAB II
ANALISIS DASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk yang dihasilkan
Nasi Goreng dan Air
Mineral
2.2 Analisa 4P
- Product : Paket Sarapan (Nasi Goreng + Air Minum)
- Price : Rp 7000,-
- Place : Daerah Sekitar Kampus
- Promotion : Akun Sosial Media , Mouth to Mouth
2.3 Segmentasi
Pasar
- Segmentasi geografi : Di lingkungan kampus
- Segmentasi demografi : Untuk semua yang berada di daerah kampus.
- Segmentasi psikografi : Status Sosial : semua golongan; Gaya Hidup : Hemat , praktis ,higienis.
- Kepribadian : Untuk semua kepribadian
2.4 SWOT
DAN TOWS
Bab III
Analisis produk
3.1 Bahan dan Alat Pembuatan
A
. Bahan Baku Nasi Goreng
B. Alat pembuatan
1.
Baskom
2.
Penggorengan
3.
Magic
jar
4.
Cobek
5.
Spatula/Sodet
6.
Kompor
7.
Pisau
3.2 Proses Produksi
- Masukan 1 liter beras kedalam baskom lalu cuci hingga bersih
- Masukan beras ke magic jar masak hingga matang
- Sambil menunggu siapkan bumbu , haluskan bawang merah dan cabai
- Lalu siapkan penggorengan dan panaskan minyak
- Masukan bawang merah dan cabai yang telah di haluskan aduk hingga harum
- Masukan nasi sedikit demi sedikit hingga bumbunya merata
- Masukan 1 bungkus bumbu racik jadi kedalam nasi yang masi di oseng lalu ratakan, masukan nasi goreng kedalam kemasan dan taburkan bawang merah di atasnya
- Tutup kemasan dengan menggunakan steples
BAB IV
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA
4.1 Struktur Organisasi
4.2 Struktur Organisasi
CEO
Bertindak sebagai pengambilkeputusan
,mengontrol , memantau semua aktivitas penjualan perusahaan, mulai dari produksi
, pemasaran sampai keuangan dan mampu membaca laporan keuangan.
ManajerUmum
- Menetapkan kebijakan perusahaan dan menentukan rencana dan tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
- Mengkoordinir dan mengawasi seluruh aktivitas yang dilaksanakan dalam perusahaan.
- Membantu peraturan internal pada perusahaan yang tidak bertentangan dengan kebijakan perusahaan.
ManajerKeuangan
- Bertanggungjawab terhadap manajer umum.
- Menetapkan tujuan dan sasaran jalannya operasional perusahaan dan strategi penjualan kepada konsumen.
- Membuat analisa terhadap harga pasar dan menentukan strategi penjualan terhadap konsumen dan pelanggan.
Manajerpemasaran
Bagiandariperusahaan
yang berfungsiuntukmemasarkanprodukkepadakonsumen.
ManajerProduksi
- Bertanggungjawab terhadap masalah desain produk dan jasa yang akan di tawarkan agar menarik perhatian konsumen.
- Manajemen mutu bertanggungjawab terhadap kualitas barang.
- Desain proses dan kapasitas,bertanggungjawab terhadap proses pembuatan yang di butuhkan oleh produk ini seperti peralatan dan bahan baku.
BAB V
ANALISIS KEUANGAN
5.1
Modal Usaha
5.2
PenentuanHargaPokokProduksi
5.3 Penentuan Harga Pokok Produksi
5.4 Laporan Laba Rugi
5.5 Laporan Perubahan Modal
5.6 Laporan Arus Kas
5.7 Neraca
Komentar
Posting Komentar